Mou: Percuma Menjadi Ramah

Cara yang dipakai Jose Mourinho untuk membuat para pemainnya menjadi lebih kuat adalah dengan cara menunjukan sifat agresif kepada anak didiknya yang menurutnya sangat jitu.

Jose Mourinho sudah bukan menjadi orang asing bagi seluruh media di dunia. Apalagi ia memang terkenal agresif kala memberi komentar yang cukup pedas baik kepada lawan maupun pada para anak didiknya.

Orang Portugal ini mengaku jika itu memang sudah menjadi kebiasaannya untuk menjadikan para pemain yang membuat kesalahan dapat memperbaiki apa yang telah mereka perbuat dan segan untuk mengulangi kesalahannya yang kedua.

Ia juga menambahkan bahwa memberi komentar yang agresif diharapkan bisa menambahkan kebanggaan dan membuat para pemainnya sadar akan apa yang telah mereka perbuat sehingga dirinya terpaksa memberikan komentar-komentar yang cukup pedas dan agresif.

Bersikap diam dan ramah bukanlah pilihan Mou dan ia menganggap itu adalah pilihan yang salah. Menurutnya, para pemain membutuhkan sifat agresifnya kala timnya berada pada keadaan yang sulit. Dan hal itu menjadikan motivasi agar para pemainnya cepat bangkit.

Jose Mourinho menggambarkan jika sifat diam dan ramah akan sia-sia jika timnya tetap mengalami kekalahan. Dan itulah mengapa ia tidak memilih sifat tersebut. Dan dia tentu tidak akan tinggal diam jika tim yang dibelanya mengalami masa-masa sulit. Dan saat itulah sifat agresif mou akan muncul.