Gol Tibo Kado untuk David Laly

Penyerang Titus “Tibo” Bonai mencetak 1 goal semasa Tim Nasional U-23 Indonesia melibas Kamboja 6-0 di pergelutan pertama penyisihan Grup A SEA Games XXVI di Stadion Gelora Bung Karno, Senin (7/11/2011). Gol itulah dedikasikan Tibo terhadap rekannya di Persipura Jayapura, David Laly.

“Gol itulah akan istri, anak, dan famili besar. Selain itu, goal ini akan David Lally yang hari ini berulang tahun,” istilah Tibo seusai pertandingan.

Tibo membuka keunggulan Indonesia berkat goal yang diciptakannya di menit ke-27. Pemain asal Papua itu berhasil menyundul bola lambung yang diberikan identik Stevie Bonsapia dari bidang kanan.

Tibo mengaku sungguh-sungguh mengenal karakater Stevie dalam melepaskan umpan. Oleh akibat itu, Tibo tidak ragu menyambut pancingan itulah dengan kepalanya sampai berbuah gol. Seperti biasa, dia merayakan goal itulah dengan berdansa sebelum disambut rekan-rekannya.

Menurut Tibo, goyangannya itu terinpirasi dari irama Danza Kuduro yang dipopulerkan identik Don Omar. Selain goyangan, Tibo memiliki kebiasaan beda yang unik. Dia selalu bersetuju ke gawang musuh akan menggoyang-goyangkan net musuh semasa Indonesia mendapatkan tendang sudut maupun sepak bebas. “Itu kebiasaanku. Aku melakukannya supaya plus termotivasi,” kata Tibo semasa ditemui jurnalis Sbobet.

Meski begitu, Tibo menyatakan tidak kepingin kencang puas. “Ya, aku berusaha berbuat yang berjaya akan timnas. Selanjutnya, aku serahkan identik Tuhan saja,” bentang pemain asal Papua itu.

Selain Tibo, Patrich Wanggai juga datang mengesankan dengan mencetak 2 gol. Gunawan Dwi Cahyo membukukan 1 goal sehingga Indonesia berjaya 4-0. Meski telah berjaya dengan perbedaan angka yang jauh, para punggawa “Garuda Muda” sedang dahaga mencetak gol. Dua goal disarangkan belakangan ke gawang Kamboja melalui kaki Andik Vermansyah dan Ramdhani Lestaluhu.

Andik yang bersetuju menggantikan Ferdinand Sinaga di menit ke-61 menunjukkan kualitasnya sebagai pemain yang mengandalkan kecepatan. Pada menit-80, Andik yang berlari dengan sungguh-sungguh kencang memanggul bola melewati 1 luntang lantung bertahan Kamboja ke dalam bujur sangkar denda Kamboja. Pemain Persebaya ini pun berhasil menyarangkan bola ke gawang Sou Yati dengan sepak kerasnya yang mengarah lanjut ke bidang kiri gawang.

Gol terakhir Indonesia dieksekusi identik Ramdhani Lestaluhu di menit ke-84. Andik balik berlari dengan sungguh-sungguh kencang dari jurusan bidang kiri dan cepat melepaskan pancingan ayu ke hadapan gawang. Bola yang melintas dengan cantik pun bisa dengan mudah diceploskan identik Lestaluhu yang berada pasti di hadapan gawang Sou Yati.